Gelar Kejuaraan, IPSI Surakarta Lestarikan Budaya Pencak Silat

Kejuaraan Pencak Silat Kota Surakarta 2019 (Foto: Andri.W | IndonesiaBagus.co.id)

Surakarta, Jawa Tengah – IPSI Kota Surakarta menggelar Kejuaraan Pencak Silat Kota Surakarta 2019 pada 13 – 15 Desember 2019 bertempat di Pagelaran Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kota Surakarta. Pertandingan ini dibuka oleh Ketua IPSI Kota Surakarta, Bapak Kalono dan turut dihadiri oleh BABINKAMTIBMAS Baluwarti, BABINSA Baluwarti serta Ketua Perguruan Pencak Silat se-Kota Surakarta.

Kejuaraan ini diikuti oleh sekitar 300 atlet dari 27 perguruan pencak silat yang tergabung dalam IPSI Kota Surakarta. Terdapat tiga piala yang akan diperebutkan yaitu Piala Walikota Surakarta, Piala Kapolresta Surakarta, dan Piala Dandim 0735 Surakarta. Serta terbagi dalam tiga kategori pertandingan, Kategori Usia Dini, Kategori Pra-Remaja dan Kategori Remaja.

Aksi memukau pesilat cilik di Kejuaraan Pencak Silat Kota Surakarta 2019 (Foto: Andri.W | IndonesiaBagus.co.id)

Kejuaraan ini mendapatkan respon yang luar biasa dari semua perguruan pencak silat yang ada di Kota Surakarta, hal ini terlihat dari jumlah peserta dan masyarakat sekitar yang juga turut hadir untuk menyaksikan pertandingan ini. Sorak sorai suporter dari masing-masing perguruan seakan menggetarkan gedung Pagelaran Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan suasana semakin ramai ketika pemenang pertandingan diumumkan. Meskipun demikian, suasana tetap terjaga aman dan kondusif.

Baca juga: 7000 Pesilat Meriahkan Pencak Malioboro Festival 2019

Kejuaraan kota semacam ini merupakan agenda rutin tahunan IPSI Kota Surakarta. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk melestarikan seni pencak silat tradisional serta menyaring bibit-bibit atlet yang berasal dari Kota Surakarta. Setiap atlet yang menjadi juara pada pertandingan ini akan dilatih secara khusus dalam bimbingan IPSI Kota Surakarta untuk persiapan kejuaraan di tingkat selanjutnya.

Kejuaraan ini adalah salah satu upaya IPSI Kota Surakarta melestarikan budaya Pencak Silat (Foto: Andri.W | IndonesiaBagus.co.id)

Burhanudin Hilal, Ketua Harian IPSI yang juga sebagai Ketua Pelaksana kejuaraan ini menjelaskan bahwa, selain untuk melestarikan pencak silat dan menyaring bibit atlet, dengan diadakannya kejuaraan ini di dalam kawasan Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bertujuan untuk lebih mendekatkan keberadaan Karaton kepada anak-anak dan remaja kota Surakarta, mengingat Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah salah satu pusat sejarah dan kebudayaan Jawa. (IB)